Minggu, 08 November 2009

dapet tugas dari adek spupu gue

ngga cuma guru-guru gw aja yang ngasih tugas, ternyata bagi adek-adek spupu gw masih nganggep kalo kakaknya ini adalah tukang bikinin tugas mereka yang sangat handal. yang paling baru adalah si gendut (yang perutnnya udah kaya emak-emak hamil) minta tolong gw buat ngerjain tugas sainsnya tentang fungsi organ tubuh manusia.

hmm .. gimana ya ? kalo yang ngasih tugak adek gw, rasanya pas ngerjain nyantai" aja, dan tuh jawaban kayanya langsung ketemu ...
tapi, kalo yang ngasih guru, kok kayanya susaah banget gw nemuin jawabannya walopun gw udah nyari di google ato di wikiped ...

dan inilah hasil yang gue dapet cuma dalam waktu ngga lebih dari 15 menit (cukup kilat bagi gw dalam mengerjakan tugas, harap mengerti)

1. DARAH
Darah adalah cairan yang terdapat pada hewan tingkat tinggi yang berfungsi sebagai alat transportasi zat seperti oksigen, bahan hasil metabolisme tubuh, pertahanan tubuh dari serangan kuman, dan lain sebagainya. Beda halnya dengan tumbuhan, manusia dan hewan level tinggi punya sistem transportasi dengan darah.
Darah merupakan suatu cairan yang sangat penting bagi manusia karena berfungsi sebagai alat transportasi serta memiliki banyak kegunaan lainnya untuk menunjang kehidupan. Tanpa darah yang cukup seseorang dapat mengalami gangguan kesehatan dan bahkan dapat mengakibatkan kematian.
Darah pada tubuh manusia mengandung 55% plasma darah (cairan darah) dan 45% sel-sel darah (darah padat). Jumlah darah yang ada pada tubuh kita yaitu sekitar sepertigabelas berat tubuh orang dewasa atau sekitar 4 atau 5 liter.
Fungsi Darah Pada Tubuh Manusia :
1. Alat pengangkut air dan menyebarkannya ke seluruh tubuh
2. Alat pengangkut oksigen dan menyebarkannya ke seluruh tubuh
3. Alat pengangkut sari makanan dan menyebarkannya ke seluruh tubuh
4. Alat pengangkut hasil oksidasi untuk dibuang melalui alat ekskresi
5. Alat pengangkut getah hormon dari kelenjar buntu
6. Menjaga suhu temperatur tubuh
7. Mencegah infeksi dengan sel darah putih, antibodi dan sel darah beku
8. Mengatur keseimbangan asam basa tubuh, dll.
Darah cair atau plasma darah adalah cairan darah berbentuk butiran-butiran darah. Di dalamnya terkandung benang-benang fibrin / fibrinogen yang berguna untuk menutup luka yang terbuka.
Isi Kandungan Plasma Darah Manusia :
1. Gas oksigen, nitrogen dan karbondioksida
2. Protein seperti fibrinogen, albumin dan globulin
3. Enzin
4. Antibodi
5. Hormon
6. Urea
7. Asam urat
8. Sari makanan dan mineral seperti glukosa, gliserin, asam lemak, asam amino, kolesterol, dsb.
2. USUS
Usus halus adalah saluran yang memiliki panjang ± 6 m. Fungsi usus halus adalah mencerna dan mengabsorpsi chyme dari lambung.. Usus halus memanjang dari pyloric sphincter lambung sampai sphincter ileocaecal, tempat bersambung dengan usus besar (gambar 1). Usus halus terdiri atas tiga bagian , yaitu: duodenum, jejunum, ileum.
3. EMPEDU
Empedu terdiri dari:
- garam-garam empedu
- elektrolit
- pigmen empedu (misalnya bilirubin)
- kolesterol
- lemak.
Fungsi empedu adalah untuk membuang limbah tubuh tertentu (terutama pigmen hasil pemecahan sel darah merah dan kelebihan kolesterol) serta membantu pencernaan dan penyerapan lemak.
4. HATI
Hati merupakan organ tubuh yang paling besar dan paling kompleks.
fungsi utamanya adalah
 menghancurkan zat-zat yang berbahaya yang diserap dari usus atau dibuat di bagian tubuh lainnya, kemudian membuangnya sebagai zat yang tidak berbahaya ke dalam empedu atau darah. Zat di dalam empedu ini masuk ke dalam usus lalu dibuang melalui tinja. Zat di dalam darah disaring oleh ginjal dan dibuang melalui air kemih.
 Hati menghasilkan sekitar separuh kolesterol tubuh, sisanya berasal dari makanan.
Sekitar 80% kolesterol yang dibuat di hati digunakan untuk membuat empedu.
Kolesterol merupakan bagian penting dari setiap selaput sel dan diperlukan untuk membuat hormon-hormon tertentu (termasuk hormon estrogen, testosteron dan hormon adrenal).
 Hati juga merubah zat-zat di dalam makanan menjadi protein, lemak dan karbohidrat. Gula disimpan di dalam hati sebagai glikogen dan kemudian dipecah serta dilepaskan ke dalam aliran darah sebagai glukosa, sesuai dengan kebutuhan tubuh (misalnya ketika kadar gula darah terlalu rendah).
 Fungsi lainnya dari hati adalah membuat berbagai senyawa penting, terutama protein, yang digunakan tubuh untuk menjalankan fungsinya.
Salah satu senyawa yang dihasilkan, diperlukan dalam proses pembekuan darah ketika terjadi perdarahan. Senyawa ini dikenal sebagai faktor pembekuan.
5. PARU-PARU
Paru-paru adalah organ pada sistem pernapasan (respirasi) dan berhubungan dengan sistem peredaran darah (sirkulasi) vertebrata yang bernapas dengan udara. Fungsinya adalah menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Prosesnya disebut "pernapasan eksternal" atau bernapas. Paru-paru juga mempunyai fungsi nonrespirasi.
6. JANTUNG
Fungsi utama jantung adalah menyediakan oksigen ke seluruh tubuh dan membersihkan tubuh dari hasil metabolisme (karbondioksida) dengan cara memompa darah.
7. GINJAL
 Membuang ‘sampah’ dari dalam tubuh kita. Sisa makanan yang tidak dapat digunakan lagi oleh tubuh kita akan menjadi racun.
 Ginjal menyaring darah untuk membuang racun-racun ini, yang dibuang lewat urin.
 Membuang kelebihan air dari tubuh.
 Membuat serta mengatur hormon-hormon yang penting dalam tubuh. Hormon-hormon ini mengatur pembentukan sel darah merah ( eritosit), mengatur tekanan darah, penyerapan zat kapur (kalsium)
 Mengatur kimia tubuh dengan mengatur jumlah garam, air dan bahan kimia lain yang beredar di seluruh tubuh kita.
 ginjal mengatur keseimbangan cairan tubuh, elektrolit, asam basa, membuang sisa metabolisme yang akan meracuni tubuh, mengatur tekanan darah, kadar hemoglobin (hb) dan kesehatan tulang.
8. LIVER
 Liver merupakan pembakar lemak yang utama dalam tubuh manusia serta mengatur metabolisme lemak melalui set biochemical pathways
 Liver juga dapat memompa keluar lemak yang berlebihan dari badan melalui empedu ke dalam usus kecil



1 komentar:

  1. oooops ada ralat di tanggal yang ada di foto ituu, fotonya ngga sejadul tiu, kamera gw emang kalo abis ganti batre langsung ke-reset

    BalasHapus